Jumat, 29 Januari 2016

Article#510 - Berakhir Di Januari

Generasi 2000an yang masih hijau akan lika-liku kehidupan barangkali akan melintaskan pikirannya pada tembang Glenn Fredly yang itu. Iya, segala ocehan soal kasih yang berakhir di Januari itu. Tapi entah apa benar demikian. Yang jelas, bagi saya sendiri, yang dapat dikatakan berakhir di Januari adalah musim dingin. Setidaknya dalam dua musim dingin (2012-13 dan 2014-15), demikianlah pola musim dingin yang terjadi. Bahkan, pada musim dingin tahun lalu, praktis hanya ada satu sesi turunnya salju yang berarti, pada 30 Januari 2015. Batasan musim dingin dapat menjadi demikian kabur, terutama jika definisimu mengenai musim dingin berputar pada keberadaan salju dan dunia beku.

Terkait turunnya salju, hari ini saya mendapati hal menarik: pada 29 Januari 2016, yang adalah Jumat terakhir di Januari 2016, salju mulai turun. Saya yang penasaran memeriksa kalender dan album foto koleksi saya sejak pertama kali tinggal di Jepang. Dan benarlah adanya, saya selalu mendapati salju turun di Jumat terakhir Januari, sejak 2013 hingga 2016.

Tidak percaya? Berikut buktinya.

Jumat, 29 Januari 2016


Jumat, 30 Januari 2015


Jumat, 31 Januari 2014


Jumat, 25 Januari 2013


Mengupas satu persatu musim dingin yang pernah saya lalui mengingatkan bahwa telah genap empat musim dingin saya lalui di negeri samurai ini. Entah tahun depan saya akan merasakan lagi salju di Jumat terakhir Januari atau tidak. Satu yang saya rasa pasti, edisi salju di akhir pekan kali ini adalah yang terakhir bisa saya rasakan di wilayah Jepang. Terutama melihat rencana kepulangan dan tiadanya prediksi salju untuk beberapa waktu ke depan.
Mungkin terlalu dini, lagipula suhu masih dingin. Tetapi apa yang memberikan cita rasa musim dingin lebih baik dari pada salju?

Adios, invierno!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...