Minggu, 27 September 2015

Article#469 - Manifestasi


Kita tak perlu menyandarkan jati diri kita pada suatu golongan, tetapi pada gilirannya identitas yang jelas adalah sebuah keuntungan dalam berkehidupan. Biarkan ramai manusia berkalang dalam tindakan yang tak mereka pahami asal mulanya. Kokohkanlah citra jiwa sesuai dengan yang didamba, yang dipercaya, dan tetapkan pendirianmu padanya. Jadikan ia tegas, menyifati dasar secara paripurna.

Kita tak perlu membuktikan segala hal pada segala orang, tetapi memiliki beragam kemampuan dan keterampilan adalah keharusan dalam berkiprah. Biarkan ramai manusia berkeluh kesah akan apa-apa yang tak dicapainya ketika berpangku tangan. Teruslah upayakan perkembangan, mengembangkan kualitas tanpa perlu berkesah akan perjalanan. Perkaya pengalaman, jadikan setiap saat bermakna.

Kita tak perlu menyibukkan diri memikirkan tujuan utama, lagipula banyak hal dapat terlaksana tanpa perlu menanti akhir perjalanan. Biarkan ramai manusia menanti dalam kekosongan karena sibuk menanti ketibaan pada tujuan. Jelajahilah sisi-sisi dunia, beserta segenap sudut memori yang menanti untuk didarasi beragam rupa cerita. Perkuat ikatan, menjaga keeratan dalam setiap kesempatan. 

Kita tak perlu menghabiskan waktu berkubang dalam paradigma, tetapi kematangan dalam bertindak akan menghindarkan dari masalah yang tak diperlukan. Biarkan ramai manusia latah mengerubuti diri dan berkubang tanpa mengubah keadaan masing-masing mereka. Perbanyak wawasan, pastikan diri memahami apa yang diutarakan tanpa dikotori doktrin yang tak jelas juntrungannya. Menjernihkan pandang, mengamat hingar bingar.

Kita tidaklah menghamba kebesaran, tak pula mengerdilkanya. Kita tak memuja kenyataan, tak pula menyerapahinya. Kita berjuang kembangkan jiwa, memberangus apa-apa yang membutakan
Kita menutup lembar pada tujuan, dan menjadikannya nyata.

Toyohashi, 22 September 2015.
Awal dari sebuah perjalanan, menuju akhir cerita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...