Sabtu, 18 Januari 2014

Article#256 - Bermain Dengan Bulan

Sebagai benda langit yang paling cerah setelah sang surya, sang rembulan telah menempatkan diri sebagai sebuah objek penting dalam mewarnai kehidupan manusia yang menjejak muka Bumi. Kenampakannya yang bervariasi dengan adanya daerah gelap dan terang, menyemai benih mitologi dalam beragam lapis budaya yang terus berkembang seiring bergulirnya waktu. Terkadang Bulan beredar sedemikian sehingga bayangannya mencapa permukaan Bumi, memberikan kegelapan sesaat kepada orang-orang yang kemudian menjulukinya gerhana. Fasenya yang berubah seara teratur, dari Bulan baru, sabit, separo, purnama, kemudian kembali ke Bulan separo serta sabit, mengilhami kebudayaan di Bumi dalam beragam cara. Salah satu yang paling umum adalah pemanfaatan fase Bulan sebagai alat bantu dalam menentukan penghitungan waktu.

Di samping pengaruh atas kebudayaan, Bulan sebagai satu-satunya teman seperjalanan Bumi yang diketahui saat ini, juga memberikan berbagai pengaruh lain. Kita semua sudah cukup akrab dengan fenomena pasang surut, dan beberapa mungkin sudah mengetahui bahwa Bulan ikut memperlambat laju rotasi Bumi. Bahkan Bulan sendiri diyakini ikut membantu menjaga poros Bumi tetap stabil; jika tidak stabil, maka musim-musim di Bumi akan kacau.

Banyak orang, sejak dahulu, terkagum oleh temaram sinar rembulan yang tenang, dan menjadikan Bulan sebagai inspirasi dalam berbagai macam karya. Diantara orang-orang ini ada Laurent Laveder beserta partnernya Sabine Sannier, yang kemudian menyusun sebuah galeri berjudul "Jeux Lunaires" (Permainan Bulan–pen., mohon koreksinya).
Dalam waktu 4 tahun, mereka merekam foto-foto Bulan dengan beragam gaya. Memadukan astrofotografi dan kreativitas, keduanya menghasilkan beragam citra yang seolah tidak menggambarkan Bulan sebagai objek yang jauh, tetapi menjadi bagian dari apa yang dilakukan figur dalam gambar.
Berikut kumpulan citranya. Selamat menikmati.




















Seluruh gambar disadur dari laman berikut: http://blog.gaborit-d.com/jeux-lunaires-de-laurent-laveder-et-sabine-sannier/
Lebih lanjut, sila kunjungi:
http://www.pixheaven.net/galerie_us.php?id=22
http://www.laurentlaveder.com/publications.html
http://www.linternaute.com/photo_numerique/photographe/photos-de-la-lune-laurent-laveder/
https://www.pinterest.com/pin/201465783304067391/
(:g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...