Kamis, 18 Oktober 2012

Article#99 - Sekilas Mengenai Hoax 'Total Blackout'

Beberapa hari terakhir saya kadang-kadang memanfaatkan waktu untuk berdiskusi dengan berbagai orang dari penjuru Indonesia melalui forum di media sosial, khususnya tentang masalah astronomi. Dari sana pula, saya menemukan sebuah 'berita' yang pernah saya baca sebelumnya, namun saya lupakan karena jelas-jelas palsu. Namun dalam diskusi itu, rupanya banyak orang yang 'disesatkan' dengan berita ini. Berita apakah? Tetaplah setia dengannya (lah) dan lanjutkan membaca...

Masih ingat rumor kiamat 2012? Sejak kira-kira tahun 2008-2009, beberapa waktu setelah terjelaskannya enkripsi dari kalender hitung Meso-Amerika yang siklus pergantian b'aktun-nya dari b'aktun ke-12 ke b'aktun ke-13 bertepatan dengan 21 Desember 2012 (tinggal 2 bulan lagi...!), banyak orang, 'dibantu' dengan oknum yang ingin menebar ketakutan demi keuntungannya sendiri, menyebarkan isu tentang dugaan kiamat pada tahun 2012. Padahal, sebelumnya sudah ada ramalan kiamat pada berbagai waktu yang katanya 'akan terjadi bencana alam dahsyat', 'planet Nibiru yang mengacaukan kehidupan di Bumi' dan semacamnya. Nyatanya semua itu tak pernah terjadi, dan mereka yang tak pernah percaya akan ramalan kiamat sejenis itu menjadikan orang yang percaya sebagai bahan olok-olokan.
Tetapi yang satu ini cukup 'spesial'. Dengan embel-embel NASA, yang merupakan salah satu badan terdepan di dunia dalam bidang penelitian astronomi, tersebar lagi berita tentang akan terjadinya 'Total Blackout' atau 'Kegelapan Total', pada tanggal 23-25 Desember 2012. Berikut cuplikan naskah yang beredar di internet, yang menjadi sumber 'berita' yang satu ini.
Dikutip dari sumber http://urbanlegends.about.com/od/errata/ss/Nasa-Predicts-Total-Blackout-Dec-2012.htm
Description: Viral message
Circulating since: July 2012
Status: False (see details below)

Text example #1:
As posted on Facebook, Aug. 4, 2012:
NASA predicts total blackout on 23-25 Dec 2012 during alignment of Universe.
US scientists predict Universe change, total blackout of planet for 3 days from Dec 23 2012.
It is not the end of the world, it is an alignment of the Universe, where the Sun and the earth will align for the first time. The earth will shift from the current third dimension to zero dimension, then shift to the forth dimension. During this transition, the entire Universe will face a big change, and we will see a entire brand new world.
The 3 days blackout is predicted to happen on Dec 23, 24, 25....during this time, staying calm is most important, hug each other, pray pray pray, sleep for 3 nights...and those who survive will face a brand new world....for those not prepared, many will die because of fear. Be happy, enjoy every moment now. Don't worry, pray to God everyday. There is a lot of talk about what will happen in 2012, but many people don't believe it, and don't want to talk about it for fear of creating fear and panic.
We don't know what will happen, but it is worth listening to USA's NASA talk about preparation. Whether it's true or not, better be prepared. No panic, stay calm, just prays. Remember to smile more, love more and forgive more...every day. Better avoid traveling during December.

Bagi yang tidak begitu paham bahasa Inggris, saya siapkan terjemahan berikut,

Contoh teks #1:
Sebagaimana dipajang di Facebook, 4 Agustus 2012:
NASA memprediksi terjadi 'kegelapan total' pada 23-25 Desember 2012, selama penyelarasan alam semesta.
Ilmuwan AS memprediksi berubahnya alam semesta, kegelapan total planet (Bumi-pen.) selama 3 hari sejak 23 Des 2012.
Ini bukanlah akhir dunia, ini adalah penyelarasan alam semesta, dimana Matahari dan Bumi akan tepat sejajar untuk pertama kalinya. Bumi akan berpindah dari zona tiga dimensi yang selama ini dikenal, menuju dimensi nol, dan kemudian berpindah ke zona empat dimensi. Selama masa transisi ini, seluruh alam semesta akan mengalami perubahan drastis, dan kita akan mendapati dunia yang sepenuhnya baru.
3 hari dengan kegelapan ini diprediksi akan terjadi pada 23, 24, 25 Desember.... selama hal ini ('kegelapan-pen.), amatlah penting untuk tetap tenang, saling berangkulan, berdoa dan terus berdoa, tidur selama 3 malam itu...dan mereka yang selamat akan mendapati dunia yang benar-benar baru....bagi yang tak bersiap, banyak dari mereka akan mati ketakutan. Berbahagialah, nikmati setiap momen saat ini. Jangan khawatir, berdoalah kepada Tuhan setiap hari. Banyak perbincangan mengenai apa yang akan terjadi pada 2012, tetapi banyak orang tak percaya, dan tak mau membicarakannya, takut menimbulkan ketakuan dan kepanikan.
Kita tak tahu apa yang akan terjadi, tetapi ada baiknya menyimak komentar NASA mengenai persiapan. Apakah ia benar adanya atau tidak, lebih baik bersiap. Jangan panik, tetap tenang, teruslah berdoa. Ingatlah untuk lebih banyak tersenyum, lebih banyak mencintai dan lebih banyak memaafkan... setiap hari. Sebaiknya hindari bepergian selama Desember.

Cukup menarik menyaksikan bagaimana kata-kata tersebut dirangkai dengan pedoman-pedoman, bahkan mencantumkan sebuah tautan dari NASA sendiri (yang belakangan diketahui adalah penyuluhan tentang persiapan menghadapi bencana alam, untuk versi aslinya lihat disini). Tetapi ada orang yang sejak membaca kata-kata 'kutipan' tersebut sudah yakin bahwa semua itu palsu... semua itu palsu... (ceritanya nyanyi... lah?).
Tujuan dibuatnya laman ini, tentu, adalah mengajak kalian, baik yang sudah tahu ataupun yang belum, untuk membahasnya satu perdua.

  • Yang disebut 'kegelapan total' ini, kata si sumber, diakibatkan oleh sejajarnya posisi planet-planet membentuk garis lurus, dari Merkurius sampai Neptunus. Letak kesalahannya adalah: 
    • Pada tanggal terkait, tidak ada konfiguasi semacam itu. Jika akan ada, seharusnya sejak sekarangpun planet-planet sudah terlihat berdekatan lokasinya, terutama planet jauh. Karena pergerakan planet relatif lambat akibat jarak yang amat jauh. Ngomong-ngomong konfigurasi sejenis ini akan terjadi pada awal September 2040, dimana planet-planet terang akan terlihat bergerombol.
    • Konfigurasi semacam ini tidak mungkin menyebabkan kegelapan total di Bumi, apalagi hingga 3 hari. Untuk memungkinkan terjadinya hal semacam itu, dibutuhkan objek yang sangat besar dan sangat dekat dengan Bumi, dan selain tidak ada, keberadaan objek sebesar 'itu' seharusnya sudah mengganggu pergerakan Bumi dan planet-planet lain sejak lama. Jika tidak cukup besar dan cukup dekat, yang akan terjadi 'hanyalah' transit yang paling lama juga berlangsung dalam hitungan jam. Bahkan, Jupiter jika diletakkan di posisi Venus sekalipun, tidak akan cukup besar untuk menutupi Matahari, apalagi hingga 3 hari berturut-turut.
  • Istilah yang terdengar 'wah' semacam 'penyelarasan alam semesta', 'berpindah dari dimensi tiga ke dimensi nol', dan sebagainya, hanya ungkapan di dunia fiksi ilmiah. Omong kosong belaka. Kalaupun kalian mencoba bertanya kepada si penulis tentang maksudnya, belum tentu ia bisa menjawabnya. Nyatanya, banyak konspirasi dan berita burung yang menggunakan istilah ini hanya untuk 'memperkuat kesan ilmiah', padahal nyatanya justru menampakkan dengan jelas kepalsuan berita yang ada.
  • Ada kata-kata 'Matahari dan Bumi akan sejajar untuk pertama kalinya'... Kalimat ini 140% tidak tepat. Sejajar dengan apa? Di situlah masalah utamanya. Nyatanya, pada tanggal itu, Bumi, Matahari dan daerah pusat galaksi memang bisa dikatakan berada pada satu garis lurus. Tetapi, kejadian ini selalu terjadi tiap tahun, dan apakah terjadi 'pergantian dimensi' setiap tahun? Tidak ada, kan? Lengkapnya lihat gambar berikut: 
Yang paling terang di tengah itu Matahari, dan daerah terang di belakangnya itu daerah pusat galaksi. Beginilah kira-kira posisi Matahari relatif terhadap Bumi tiap tanggal 23 Desember.
Sama saja sih, tapi diperluas supaya daerah pusat galaksi lebih jelas terlihat
Yah, intinya, jangan asal percaya. Di kitab suci kan juga sudah dikatakan, periksalah kebenaran dari berita yang kau dapat. Jangan asal telen, bahaya kan kalau tersedak...
Hati-hati dalam belajar pokoknya... Tetapi jangan pernah berhenti belajar! (:g)

Catatan: Jika Anda mau penjelasan yang lebih 'lengkap' dan 'ilmiah' secara astronomis, silakan kunjungi halaman ini: http://www.kafeastronomi.com/bumi-akan-gelap-pada-tanggal-23-25-desember-2012-hoax.html

6 komentar:

  1. oalah... ternyata hanya 'hoax' to.. kirain beneran.. kemarin abis baca artikel ini trus mikir2, "bener gak ya?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang palsu... Tapi 'pengemasan'-nya lumayan menjebak, jadinya orang awam mungkin akan mudah tertipu..
      Kalau ada berita semacam ini dan nggak yakin kebenarannya, mending tanya ke orang lain aja :)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Haha, okelah..
      Nggak beri kritik dan saran juga?

      Hapus
  3. Planet-X/Nibiry akan menutupi Bumi, jadinya Bumi akan gelap selama 5.000 tahun, nanti Senin naik jadi 10.000 tahun.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...