Selasa, 10 September 2013

Article#203 - Bukan Konsumsi Publik

Awalnya penulis kebingungan dan tak punya ide untuk membuat tulisan khusus dalam rangka menyemarakkan ultah angkatan 15 MAN Insan Cendekia Serpong, Gycentium Credas Disorator, ini.
Namun semua berubah saat negara api menyerang banyaknya dinamika hidup dalam 4 hari terakhir berhasil menyumbangkan cukup ide untuk penulis untuk ikut meramaikan pada acara ultah kali ini. Lah kan telat? Ya, tahu, iyaa, tahu iya, tahu? Tak apa kan ya.
(Re: Kata 'ultah' disini digunakan untuk tanggal Masehi 6 September, dan kata 'milad' disini digunakan untuk tanggal Islam 16 Ramadhan. Alasannya? Meningkatkan efisiensi penulisan, yang pada akhirnya tetap saja lamban.)

Sedikit kilas balik,
6 September 2010 M, ultah pertama angkatan. Saat itu, yang menjadi pusat pembahasan terkait ultah adalah sebuah post di grup fesbuk angkatan, yang 'dihadiahi' begitu banyak komentar. (penulis lupa mencatat sampai berapa banyak komennya saat itu)
Jadinya berapa banyak komentar ya waktu itu?
16 Ramadhan 1431 H, milad pertama angkatan. Tak banyak rekaman saat itu yang masih tersimpan, kalaupun ada, ada yang ingat, ngapain aja saat itu?

Lanjut tahun kedua, 6 September 2011 M. Kalau tak salah saat itu adalah beberapa hari menuju selesainya libur Idul Fitri 1432 H. Bagi penulis, kasusnya serupa dengan milad pertama: Tak cukup dokumentasi.

16 Ramadhan 1432 H, milad kedua angkatan. Nah yang satu ini diperingati dengan cukup meriah, dokumentasinya pun cukup banyak. Sayangnya jiwa pengumpul data yang penulis punya kurang berkelas, akhirnya tak banyak arsip yang berhasil dikumpulkan. Tetap saja, silakan berkelana menelusuri masa.
(Doumentasi tertulis salah satunya ada di sini. Dipersilakan yang punya tautan ke dokumentasi lain, untuk membagikannya.)
Dekor yang asik seperti biasa. sumber
Trio gitaris gaul kita, apalagi yang paling kanan, super gaul lah, sampe nengok entah kemana. Lengkapnya ada disini dan disini
Lanjut,
6 September 2012 M, ultah ketiga angkatan. Kali ini, berhubung perayaan digelar setelah kelulusan, maka massa angkatan menggelarnya terpisah-pisah, dengan konsentrasi terbesar di Depok, Bandung dan Jogja. Terpisah jauh? Ayolah, ini sudah abad ke-21, jarak seharusnya bukan lagi soal. Jangan tersinggung ya yang lagi LDR. Dalam perayaan yang ini pun, diadakan korespondensi antar massa yang berkumpul di Depok, Bandung, Jogja, bahkan di Padang. Sekali lagi, penulis punya jiwa pengumpul data yang lemah, jadi hanya mampu menemukan tautan ini sebagai kumpulan dokumentasi. Lagi, dipersilakan bagi yang punya tautan lain untuk menyumbangkan tautannya.

Kue buatan Gycen JKT 49, detailnya silakan ditanyakan ke pihak terkait. Terutama kalau mau minta resep (?)
Lumayan buat pelepas lapar, khususnya lapar mata
16 Ramadhan 1433 H, milad ketiga angkatan. Lagi-lagi, penulis tak berhasil menemukan cukup banyak dokumentasi untuk yang ini. Lagipula, sepanjang ingatan penulis, milad yang ini memang tak begitu ramai diperingati. Ada yang ingat?

Supaya alurnya kembali runtut, untuk edisi tahun 1434/2013 akan diurutkan berdasar pada waktu pelaksanaan.
16 Ramadhan 1434 H, milad keempat angkatan. kali ini, sudah ada sedikit gembar-gembor di grup fesbuk untuk meramaikannya dengan tagar  pada tanggal terkait, yang juga bertepatan dengan 25 Juli 2013 lalu. (gcd merujuk ke inisial nama angkatan, 4 merujuk ke usia angkatan, 15 merujuk ke nomor angkatan di almamater.) Entah di fesbuk (yang beberapa waktu sebelumnya 'mengizinkan' penggunanya untuk leluasa bertagar ria) atau di twiter, beranda akun warga angkatan dipenuhi oleh tagar terkait dimana-mana. Ribut? Media sosial tidak bersuara. Rusuh? Tentunya. Asik? Apalagi.
Salah satu gambar yang muncul dengan tagar yang sama. Terimakasih untuk si Abang yang telah ikhlas mencarikan.
Yang ini bikinan Mamah Ifah
Dan yang paling mutakhir, adalah ultah keempat angkatan, yang baru berlangsung empat hari yang lalu. Sebagaimana yang terjadi pada ultah ketiga, pada ultah keempat ini massa angkatan yang berdomisili di tiap-tiap kota, utamanya Jakarta, Bandung dan Jogja. Tetapi, sejauh ini penulis belum berhasil menemukan dokumentasi perayaan ultah dari Gycen Jakarta. Yang berhasil penulis temukan hanyalah ini, ini dan ini.
Ultah ketiga (kiri), ultah keempat (kanan), dari massa Gycen Jogja. Jadi penasaran, siapa yang membuat kedua kue ini?
Tetapi, penulis merasa sedikit banyak cukup memahami agenda perayaan ultah keempat ini dari pihak massa Gycen Bandung Ceria (GBC, meski kepanjangan yang bener bukan gitu kayaknya). Sebagai tamu tak diundang yang mendadak muncul pada sore hari 6 September 2013 di kandang kelinci kontrakan para lelaki GBC, penulis berkesempatan untuk mencicipi sedikit bagaimana perayaan yang masih disempatkan para massa Bandung di tengah persiapan penyambutan anggota baru IAIC Bandung dari angkatan Foranza, esok harinya.

Terlihat sangat sibuk
...Apa itu yang di tengah
...Daan masih saja sadar kamera
Yak, kilas baliknya cukup sampai disini saja. Disini akan penulis sampaikan ucapan ulang tahun yang diberikan dengan persetujuan penuh dari beberapa anak angkatan. 
P.S.: Kutipan merupakan pertanggungjawaban penuh tiap-tiap pencetusnya. Nama, wajah, NIM dan suara disamarkan. 

Iskandar 
"Selamat ulang tahun gycen!!! Moga cpet lulus kuliah cepet kawin, terus cepet nikah, tetap waspada, waswas pada dada"

Awi 
"gyceeennn slamat ulang tahun, jangan lupa kabar-kabar kalo ada kabar gembira dari kalian, entah apapun itu, nikah, sunatan anak, ataun apalah gak penting yang penting 'langsung dah'"

Irfan 
"gradiator semoga bisa berubah bukan cuma mikir makan apa hari ini, seenggaknya buat besok, klo bisa mikirin makan anak orang"

Ibnu
"semoga nanti tahun 2020 ada yang merayakan ultah gycen berdua bareng gue"

Pimgi 
"selamat hari milad buat gycen. semoga jodohnya lancar."

Hilmy
"slmet milad gycen semoga jangan tua" (?)

Faqih
"Semoga di surga pun kita bisa reuni :)"

Nah, kutipannya bagus-bagus kan? Penulis merasa kumpulan kutipan yang begitu beragam ini layak dijadikan gambaran sebuah angkatan yang penuh warna. Dan penuh rusuh tentunya. Karena untuk kanvas hidup yang lengkap, diperlukan kombinasi warna yang asik. Tetapi tak apa kan ya, jika kutipan diatas nggak diwarnai. Biarlah hati kalian yang mewarnainya. (eaa)

Untuk hidangan menjelang penutup, saya persilakan mengunjungi laman berikut untuk dosis keseruan ekstra.
GIF (Gambar Idup File) Gycen oleh bung Muhammad Irfan
Video MGCD4 oleh bung Ahmad Faiz
Lagu "Oh Gradiator" oleh bung Alam Afif "Black30" Makarim cs.

"I'm ending up better for this in the end
You'll get a letter addressed to a friend
A friend who's like no friend that I've ever known
"

Sebelum penulis akhiri tulisan ini, akan diucapkan pula mohon maaf kepada abang-abang dan mbak-mbak BPH angkatan, karena aye tak menulis sesuatu sesuai dengan tema yang diminta. Yang 15 tahun ke depan itu, biarlah diwakili oleh kawan yang lain. Cukup disini ditebar sedikit kerusuhan, lagipula disini darah melanggar peraturan kadang-kadang menggelegak begitu kuatnya.
Akhir kata, kalau dari tadi penulis mengutip kata orang lain terus, kini giliran penulis untuk tebar pesona kutipan.
"Teruslah Cerdas, Berkarya dan Berguna!"
(:g)

4 komentar:

  1. Giaaannnnn :")
    Gue malah ultahan bareng kakak ascova, berdua #dihsiapatanya

    BalasHapus
  2. itu komentar saudara iskandar, "...cepat kawin, terus cepat nikah..."

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin itu komentarnya Iskandar? Nama, wajah, NIM dan suara responden disamarkan loh

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...