Minggu, 09 Desember 2012

Article#118 - Sebuah Keisengan: Sajak Cinta Secara Ilmiah

Wah, mungkin judulnya memang sedikit 'merana', tetapi percayalah, tidak ada hubungannya dengan kegalauan. Paling tidak, tak ada hubungannya dengan penulis.
Berikut ini hanya kumpulan sajak bertema cinta, kumpulan dari dunia maya. Dibaca saja.

Sajak Cinta Matematika
Tiga minggu yang lalu…
Untuk pertama kalinya kulihat kau berdiri tegak lurus lantai
Kulihat alismu yang berbentuk setengah lingkaran dengan diameter 4 cm
Saat itulah kurasakan sesuatu yang lain dari padamu
Kurasakan cinta yang rumit bagaikan invers matriks berordo 5×5

Satu minggu kemudian aku bertemu kau kembali…
Kurasakan cintaku bertambah,
bagaikan deret divergen yang mendekati tak hingga
Limit cintaku bagaikan limit tak hingga
Dan aku semakin yakin,
hukum cinta kita bagaikan
hukum kekekalan trigonometri sin^2+cos^2 = 1

Kurasakan dunia yang bagaikan kubus ini menjadi milik kita berdua
Dari titik sudut yang berseberangan,
kau dan aku bertemu di perpotongan diagonal ruang

Semakin hari kurasakan cintaku padamu
bagaikan grafik fungsi selalu naik yang tidak memiliki nilai ekstrim.
Hanya ada titik belok horizontal yang akan selalu naik
Kurasakan pula kasihku padamu
bagaikan grafik tangen (90° < x < 270°)

Namun aku bimbang…
Kau bagaikan asimtot yang sulit bahkan tidak mungkin kucapai
Aku bingung bagaikan memecahkan soal sistem persamaan linear
yang mempunyai seribu variabel dan hanya ada 100 persamaan
Bahkan ekspansi baris kolom maupun Gauss Jordan pun tak dapat memecahkannya


Sajak Cinta Fisika
Archimedes dan Newton tak akan mengerti Medan magnet
yang berinduksi di antara kita
Einstein dan Edison tak sanggup merumuskan E=mc^2
Ah tak sebanding dengan momen cintaku

Pertama kali bayangmu jatuh tepat di fokus hatiku
Nyata, tegak, diperbesar dengan kekuatan lensa
maksimum
Bagai tetes minyak milikan jatuh di ruang hampa
Cintaku lebih besar dari bilangan avogadro…

Walau jarak kita bagai matahari dan Pluto saat
aphelium
Amplitudo gelombang hatimu berinterfensi dengan hatiku
Seindah gerak harmonik sempurna tanpa gaya pemulih
Bagai sepasang gaya dengan kecepatan angular yang tak
terbatas

Energi mekanik cintaku tak terbendung oleh friksi
Energi potensial cintaku tak terpengaruh oleh tetapan
gaya
Energi kinetik cintaku = -mv~
Bahkan hukum kekekalan energi tak dapat menandingi
hukum kekekalan di antara kita

Lihat hukum cinta kita
Momen cintaku tegak lurus dengan momen cintamu
Menjadikan cinta kita sebagai titik ekuilibrium yang
sempurna
Dengan inersia tak terhingga
Takkan tergoyahkan impuls atau momentum gaya

Inilah resultan momentum cinta kita…


Sajak Cinta Gombalan Kimia
Kamu mau ngajarin aku nggak ?
Aku gak ketemu nih nyari entalpi.
Kenapa ya rumus entalpi gak bisa buat nyari perubahan cintaku ke kamu ? *kalo rumus entalpi buat ngrubah ipeka kamu, bisa gak? :P

Kamu tahu kan kalau ikatan hidrogen itu kuat banget ?
Bahkan lebih kuat dari ikatan Van der Waals.
Tapi kenapa ya para ahli kimia belum tahu kalau ikatan kita jauh lebih kuat?

Tidak ada bilangan kuantum yang bisa mengukur cintaku padamu.

Aku tak peduli berapa atom yang dibutuhkan atom C dan atom H untuk berpasangan membentuk senyawa
Yang aku tahu,cukup 1 atom Me dan 1 atom U untuk membentuk senyawa Us.

Aku juga tak peduli berapa banyak elektron bebas yang dibutuhkan untuk H berikatan dengan O
Yang kutahu hanya elektron cinta yang membuatku berikatan denganmu.

Kalau ikatan cinta kita itu kovalen,
maka gak ada kalkulator yang sanggup menghitung energi ikatan untuk memutuskan cinta kita,
kecuali atom cinta kita sendiri yang memutuskannya.

Tahu gak kenapa senyawa cinta kita gak bisa jadi ikatan ion ? baik (+) maupun (-)
Karena aku nggak ingin melepas elektron cintamu maupun menyerap elektron cinta atom lain.
Aku ingin menjadikan cinta kita sebagai ikatan kovalen,
Ingin kita berbagi elektron cinta, dan saling melengkapi.


Sajak Cinta Biologi (1)
Untuk dirimu yang ternyatakan dalam disurat ini
Pantas rasanya jika ku ibaratkan bagai plasma darah
Yang membasahi seluruh komponen tubuhku

Rasa ini terus berdenyut
Bersama jantung yang tak hentinya memompakan darah bersama hemogoblin cinta
Yang aliran darahnya menyeruak diseluruh tubuhku
Derasnya tak terbendung
Dan meluap disetiap bilik dan serambi

Untuk dirimu yang ternyatakan dalam disurat ini
Entah kode genitik apa yang tersimpan ditubuhku
Tapi saraf sensorikku merangsang indra penghilat untuk menatapmu

Menangkap bahasa tubuhmu
Membisikan ditelinga samudera bahwa aku menyukaimu
Membisikan ditelinga dunia bahwa aku mengagumimu
Membisikan ditelinga semesta bahwa aku membentangkan cinta untukmu


Sajak Cinta Biologi (2)
Kebersahajaanmu menetralkan setiap racun ditubuhku
Memusnakan sel kanker di otakku
Ketika sinar dirimu tertangkap jelas oleh retinaku
Tak mapu aku ingkari bahwa indah kepribadianmu mengacak susunan DNAku

Memperbaharui rangkaian kromosomku
Sulit bagiku untuk mendiagnosa fenomena yang menggelegar dihati
Dahsyatnya tak terungkap
Teori Darwin dan Mendel pun tak mampu menjabarkannya

Untuk dirimu yang ternyatakan dalam disurat ini
Aku mencintaimu dengan kokoh
Sekokoh akar menopang pepohonan
Aku mencintaimu dengan peka
Sepeka saraf menerima rangsang
Aku mencintaimu dengan pasti
Sepasti detak jantung yang mengisyaratkan usiaku

Inilah oksidasi cintaku untukmu
Semoga bisa ku hirup kembali oksigen kebahagian untuk saat ini, esok dan selanjutnya
Bersamamu…….


Sajak Cinta Programmer
Entah darimana harus ku mulai, yang jelas kau harus tau, inilah source code sesungguhnya dari program hatiku saat ini.
Sebuah program yang telah terinfeksi virus baru dari sebuah software ayu.

Serat-serat optik jiwaku telah membaca satu alur algoritma indah dalam hidup. Sebuah pancaran gelombang I/O dari dirimu telah meng-hack setiap track disk kepalaku...
Menginfeksi setiap folder dan file yang ada diotakku... Merubah dan mengunci setting bios diriku...
Dan menampilkan satu screen saver terindah dalam hidupku. Dan kau harus tau, screen saver itu ternyata adalah dirimu...

Kabel-kabel data sukmaku terus mengalirkan gelombang itu, gelombang yang setiap hari kian menguat... Yang aku sendiri tak tau gelombang apa itu... Yang aku tahu, gelombang itu memang terpancar dari dirimu... Dan kini telah terbentuk satu alur data yang jelas berbeda...

Aku masih bingung apa artinya ini semua, entah hacker seperti apa dirimu yang telah berhasil menembus sistem pertahanan operating system diriku dengan sedemikian
mudahnya...
Atau hanya aku saja yang terlalu bodoh?

Entah kau sadar atau tidak, kau yang telah menciptakan software baru itu! Aku tahu itu!
Dan akupun tahu, aku takkan pernah dapat membuktikan semua itu, tapi aku dapat membuktikan jika aku memang telah benar-benar terinfeksi oleh software itu!
Terus terang aku tersiksa! Setiap hyperlink yang aku klik, semuanya tertuju padamu, setiap tombol yang aku tekan, selalu memunculkan namamu, setiap executable yang aku eksekusi hanya membuat setiap side memoryku terpenuhi oleh byte-byte gelombangmu!
Tak mampu aku menembus password yang kau buat...
Ah, mungkin ini hanya akan menjadi satu bahan tertawaanmu bersama kawan-kawanmu, lalu tak lama memenuhi recycle bin-mu.
Namun, aku harap, kau mau mengerti ini semua, dan bersedia memberikan password itu untukku...
Karena aku tahu, tak mungkin aku dapat mencuri password itu, kecuali kau sendiri yang mau memberikannya untukku...
Ya, hanya untukku...

Sajak Cinta versi resmi (kata sumber ini anak IPS punya, tapi tidak juga ah)
Hal : Penawaran Kesepakatan

Saya sangat gembira memberitahukan Anda bahwa saya telah jatuh cinta kepada Anda terhitung tanggal 4 Desember 2012.
Berdasarkan rapat keluarga kami kemarin pukul 19.00 WIB, saya berketetapan hati untuk
menawarkan diri sebagai kekasih Anda yang prospektif.
Hubungan cinta kita akan menjalin masa percobaan minimal 3 bulan sebelum memasuki tahap permanen.
Tentu saja, setelah masa percobaan usai, akan diadakan terlebih dahulu on the job training secara intensif
dan berkelanjutan. Dan kemudian, setiap tiga bulan selanjutnya akan diadakan juga evaluasi performa kerja
yang bisa menuju pada pemberian kenaikan status dari kekasih menjadi pasangan hidup.
Biaya yang dikeluarkan untuk kerumah makan dan belanja akan dibagi 2 sama rata antara kedua belah
pihak. Selanjutnya didasarkan pada performa dan kinerja Anda, tidak tertutup kemungkinan bahwa saya
akan menanggung bagian yang lebih besar pengeluaran total.
Akan tetapi, saya cukup bijaksana dan mampu menilai, jumlah dan bentuk pengeluaran yang Anda keluarkan
nantinya.
Saya dengan segala kerendahan hati meminta Anda untuk menjawab penawaran ini dalam waktu 30 hari
terhitung tanggal penerimaan surat . Lewat dari tanggal tersebut, penawaran ini akan dibatalkan tanpa
pemberitahuan lebih lanjut, dan tentu saja saya akan beralih dan mempertimbangkan kandidat lain.
Saya akan sangat berterima kasih apabila Anda berkenan untuk meneruskan surat ini kepada adik
perempuan, sepupu bahkan teman dekat anda, apabila Anda menolak penawaran ini.

Demikian penawaran yang dapat saya ajukan dan sebelumnya terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,
Bakal calon pasanganmu


Bonus: Surat antara Tukang Buah dan pacarnya, tukang sayur
'wajahmu memang manggis,
watakmu juga melon-kolis,
tapi hatiku nanas karena cemburu,
sirsak napasku,
hatiku anggur lebur,
ini delima dalam hidupku,
memang ini juga salakku,
jarang apel malam minggu,
ya tuhan,
mohon belimbing-mu,
kalo memang perpisangan ini yg terbaik untukku,
semangka kau bahagia dgn pria lain...
Sawonara....'
dari: durianto

surat balasan dari pacarnya, sang tukang sayur:

'membalas kentang suratmu itu,
brokoli sudah kubilang,
jangan tiap dateng rambutmu selalu kucai,
jagungmu gak pernah di cukur.
Disuruh dateng malam minggu, ehh nongolnya hari labu.
Ditambah kondisi keuanganmu makin hari makin pare,
kalo mo nelpon aku aja mesti ke wortel .
Terus terong aja,
cintaku padamu sudah lama tomat...
Jangan kangkung aku lagi,
cabee deeehhhh!!!

Jika kalian punya sajak cinta untuk versi disiplin ilmu lain, silakan hubungi penulis.

9 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...