Minggu, 11 Desember 2011

Article#26 - Sekilas Mengenai Heboh Kiamat 2012 dan Kalender Bangsa Maya

Yiihaa, koboi telah tiba. Lho? Oke, lupakan. Kali ini penulis akan membahas mengenai hal lain, yang menjadi pembicaraan hangat terutama dalam beberapa tahun terakhir, ketika topik mengenai kiamat kembali merebak di tengah masyarakat dunia, kali ini mengenai kiamat 2012. Yap, inilah dia...
Apa?! Leluhurnya ayam pedas? Inikah..?
Eh, tentu saja bukan itu. Inilah dia...
Bukan, ini bukan pizza zaman dulu, ini pahatan kalender bangsa Maya (katanya).
Yang ini sebenarnya kalender Matahari milik Aztec, tetapi sering salah disangka sebagai milik suku Maya,
Itulah yang disebut sebagai bentuk asli dari kalender bangsa Maya (Untuk membahas lebih lanjut mengenai perbedaan keduanya, baca ini), atau bahasa Bulgarianya Mesoamerican Long Count Calendar (bahasa Bulgaria..?), yang meskipun jauh lebih banyak diketahui rupanya dari dunia maya, tetaplah bukan sebuah benda yang maya. Oke, lanjut. Semua simbol dan pahatan yang terukir di benda sejenis koin raksasa itu menjelaskan sebuah bagian dari sistem penanggalan yang tersusun rinci, pencapaian yang fenomenal untuk sebuah bangsa di masa sekitar 1500-500 SM. Namun peradaban bangsa Maya yang bergelimang pengetahuan maju untuk masanya ini runtuh sekitar abad ke-10 dan 11 Masehi, dan peninggalan sejarah yang tersisa banyak yang hilang atau hancur sejak penjajahan Spanyol disana, sekitar abad ke-16. Walaupun begitu, keturunan bangsa Maya kini hidup sebagai suku Maya, dan bahasa yang mereka pakai pun tetap lestari hingga saat ini. Kalau mau bukti, periksa saja nama-nama berbagai daerah di Meksiko, banyak yang masih memakai bahasa Maya.
Lah jadi ngomongin bangsa Maya. Kembali ke kalender, kalender itu dibuat dari susunan berbagai orde waktu, yang masing-masingnya mewakili jumlah hari tertentu. Langsung saja, berikut adalah orde-orde waktu yang digunakan dalam kalender Maya:
  • alautun, dengan 1 alautun=20 k'inchiltun
  • k'inchiltun, dengan 1 k'inchiltun=20 kalabtun
  • kalabtun, dengan 1 kalabtun=20 piktun
  • piktun, dengan 1 piktun=20 b'ak'tun
  • b'ak'tun, masing-masingnya 144.000 hari, dengan 1 b'ak'tun=20 k'atun
  • k'atun, masing-masingnya 7.200 hari, dengan 1 k'atun=20 tun
  • tun, masing-masingnya 360 hari, dengan 1 tun=18 winal
  • winal, masing-masingnya 20 hari, dengan 1 winal=20 k'in
  • k'in, ini setara dengan satu hari normal.
(catatan: Untuk saat ini, siklus yang ada belum cukup lama untuk berganti piktun).
Penggunaan dari kalender ini adalah sebagai berikut. Misalkan, untuk tanggal 11 Desember 2011, tanggal kalender Maya nya: 12.19.18.17.4, artinya 11 Desember 2011 berada pada b'ak'tun ke-12, k'atun ke-19, tun ke-18, winal ke-17, dan k'in ke-4, atau dengan kata lain merupakan hari ke-1.871.624 sejak mulainya kalender tersebut (tanggal 0.0.0.0.0), yang bertepatan dengan 12 Agustus 3114 SM.
Mungkin sudah cukup pengetahuan mengenai kalender Maya. Lalu, apa hubungannya dengan kiamat 2012? Hubungannya adalah, bahwa dalam kalender Maya, menurut Wikipedia, pada tanggal tersebut, ketika putaran Kalender Maya yang ke-4 berakhir (mencapai tanggal 12.19.19.17.19),  kalender akan dilanjutkan dengan putaran ke-5 terhitung sejak 21 Desember 2012 (tanggal Maya 13.0.0.0.0). Dan, dari berbagai sumber yang tak tentu asalnya (tertera di bawah), media Barat membesar-besarkan isu ini sebagai ancaman kiamat. Dan berbagai pihak berhasil meraup keuntungan besar dari isu ini, seperti film 2012 yang disebut sebagai salah satu film fiksi ilmiah dengan efek spesial terbaik. Bahkan, mereka juga menyebutkan adanya serangkaian ramalan lainnya juga menyatakan mengenai terjadinya peristiwa besar/catastrophe, yang menurut interpretasi dari masing-masing ramalan tersebut, akan terjadi di tahun 2012. Inilah daftarnya:
  • Versi interpretasi catatan bangsa Sumeria, yang diinterpretasikan sebagai adanya planet-X atau Nibiru (lengkapnya baca ini) akan menabrak Bumi pada 2012. (kalau kembaran gelap kenapa namanya Nibiru ya.... bukannya 'Nigelap'..? #lupakan)
  • Versi interpretasi ramalan Cina Kuno, berasal dari buku I-Ching yang menyatakan adanya kiamat pada 2012.
  • Versi Interpretasi Kode, diambil dari analisis seorang penulis buku bernama Michael Drosnin terhadap Alkitab dalam bukunya The Bible Code, yang menurut Drosnin menyatakan adanya kode bahwa pada tahun 5772 akan datang sebuah komet yang menghantam bumi dan memusnahkannya. Menurut Drosnin, tahun 5772 adalah tahun Ibrani, yang mewakili tahun 2012 di penangggalan Masehi.
  • Versi Riset Ilmiah, mengenai siklus kenaikan aktivitas 11 tahunan Matahari, yang diprediksi akan mencapai puncak lagi pada tahun 2012.
Dan banyak, banyak lagi.
Terlepas dari fakta maupun ramalan yang disajikan diatas, saya tidak mengajak Anda sekalian para pembaca untuk mendukung ataupun menghujat prediksi kiamat tersebut. Meskipun begitu, pada kenyataannya sudah ada beberapa ramalan mengenai kiamat sebelum ini, namun semuanya terbukti salah, baik secara faktual ataupun tekstual. Bahkan ramalan mengenai Nibiru tadinya 'dijadwalkan' pada 2003, namun nyatanya tak terjad apa-apa. Kecuali mungkin, oposisi Mars pada 27-28 Agustus yang terkenal itu.
Jadi... Ini semua karena itu??!
Yah, begitulah. Bagaimana pendapat Anda? (:g)

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...