Rabu, 24 Agustus 2011

Article#2 - Sekilas Mengenai Blog

Yap, rekan-rekan sekalian yang (mudah-mudahan) sehat sentosa, kini datang lah kalian kepada sesi selanjutnya, sesi cepat tepat (loh). Eh, maksud saya, pada edisi selanjutnya dari blog super tidak jelas ini. Setuju? *tidaak* Ah, biarlah. Pada artikel yang ini, saya ingin berbagi curhatan cerita kepada anda sekalian. Okelah, mulai saja dengan ceritanya.

Di awal abad ke-21 ini, internet makin mendapat peran dalam berbagai jenjang sosial. dapat dilihat dari sedemikian banyaknya situs jejaring sosial yang saya yakin tak perlu disebutkan satu perdua, dan betapa internet telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat dunia.
Salah satu contoh dari fungsi internet sebagai media sosial dapat ditunjukkan dengan adanya blog. Kalau kalian sering menjelajahi internet, pasti tahulah yang namanya blog. Blog sendiri berasal dari singkatan kata web log, yang istilahnya dipopulerkan oleh John Barger pada bulan Desember 1998 lalu. Istilah ini sebenarnya ditujukan bagi para makhluk hidup (baca: manusia) yang memiliki laman internet dan rajin memperbaharui lamannya itu, baik isinya berupa curhatan, jualan, bagi-bagi pengetahuan, laporan perjalanan, catatan harian atau lainnya.
salah satu contoh blogger non-manusia
Pendapat lain mengenai definisi blog sendiri juga dikemukakan oleh Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, yang menuliskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di Internet. Sedang Scott Rosenberg, dalam kolomnya di majalah online Salon pada Mei 1999, menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang introspektif dari sekaedar sebuah diary yang disimpan di internet. Intinya, blog itu (secara umum) adalah website yang bersifat personal (meskipun tidak selalu begitu), yang memuat opini personal dan hal-hal lain yang merupakan aktualisasi diri pembuatnya secara personal yang ingin ia kabarkan pada komunitas global dunia. Meskipun personal, isinya bisa dinikmati siapa saja darimana saja dan kapan saja.

Media blog sendiri pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, tempat dimana sebagian besar blogger—termasuk penulis sendiri—bernaung. Pada saat itu, situs Blogger.com ini masih dimiliki PyraLab, sebelum PyraLab diakuisi oleh Google di akhir tahun 2002 lalu. Sejak itu, Google memberikan banyak fasilitas yang dapat menyambungkan hubungan antar sesama blogger.
Seperti telah disebutkan sebelumnya, banyak hal yang bisa kalian dapatkan dengan memiliki sebuah blog. secara umu, dengan blog kalian dapat menemukan teman baru, menuangkan kegalauan dari lubuk hati yang terdalam (cie bahasanya~), atau berbagi pengetahuan dengan para pembaca. Lebih jauh lagi, sebuah blog bisa menjadi ajang kreativitas pemiliknya dalam mengekspresikan diri.
Mungkin kalian juga tahu beberapa blog yang populer dan sudah dikunjungi ribuan, bahkan ratusan ribu orang karena isinya yang 'wah', atau desainnya yang me'wah', atau juga karena yang dibahas sedang me'wa'ba'h'. (maksa) Bahkan, untuk blogger yang kelasnya lebih tinggi lagi, mereka bisa memanfaatkan blognya untuk memperoleh keuntungan, mulai dari mengikuti lomba blog, memasnag iklan, bahkan berdagang. Yah, itu semua bergantung pada pemiliknya. Semua ini kan bisa jadi baik atau buruk kan tergantung orangnya.

Mungkin cukup sekian untuk kali ini, dan jangan lupa tunggu artikel berikutnya... (:g)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...